Selasa, 02 Juli 2013

analisis wirausahawan sukses di indonesia



Analisis wirausahawan sukses di indonesia

Thayeb Mohammad Gobel

  1. Kapan kasus memulai usahanya? Dimana? Apakah dengan usaha yang sama dengan
yang sekarang?
  • Thayeb mohammad gobel mulai merintis usaha di tahun 1954, dengan nama PT Transitor Mgf . CO dengan jenis usaha radio transitor. Namun setelah melakukan perjanjian kerjasama dengan PT matsushita, perusahaan ini mulai mengembangkan ke jenis usaha elektronik lain yaitu televisi pertama yang dirakit di indonesia.
     2. Apakah dia mengembangkan usahanya sebagai usaha mandiri?
  • Ya, dia memulai usaha tersebut dengan modal sendiri. Pada awalnya sekitar tahun 1955-1960 PT Transitor Mgf . CO hanya menjanlin kerjasama sementara dengan pt matsushita, dan di tahun 1960 barulah menyetujui perjanjian bantuan oleh pt matshusita hingga saat ini sudah mencapai US$ 15 juta.
     3. Sumber modal awalnya adalah dana sendiri atau dana dari luar?
  • Modal berasal dari uang pribadi bersama keempat rekannya namun karena gerkana 30 september yang hampir membuat usahanya bangkrut, para rekannya menujual saham mereka kepada Thayeb Mohammad Gobel
     4.  Dimana pada saat awal memasarkan produknya?
  • Di mulai di daerag gorontalo, dan merambah ke seluruh indonesia. Karena memproduksi radio transitor yang pada saat itu adalah sebuah sarana komunikasi untuk memudahkan bangsa indonesia atau bisa di sebut juga alat pemersatu bangsa di indsnesia yang baru berumur 9 tahun pada saat itu.
     5.  Apakah dengan menjual produk yang sama?
  • Awalnya  hanya memproduksi radi transitor dengan merek “tjawang”, namun setelah menjalin kerjasama dengan pt matsushita, produk yang ditawarkan mulai berkembang dengan memproduksi tv pertama di indonesia hingga saat ini menjadi perusahaan yang memproduksi elektronik yang tetap mengusung wacana “ramah lingkungan” geoeletronical.
    6.  Siapa pemilik usaha tersebut sejak awal hingga sekarang?
  • Dimiliki oleh Thayeb mohammad gobel, dan  pt matsushita. Tapi setelah meninggal perusahaan tersebut saat ini di jalankan oleh anak ke empatnya, Rachmat gobel.
  •  
    7.  Apa bentuk kepemilikannya?
  • Perusahaan join dengan pt matsushita saat ini.
    8.  Berapa tenaga kerja yang dipekerjakan dari awal hingga kini?
  • Saat ini telah mencapai lebih dari 82.000 orang
    9.  Apakah ada orang yang ditunjuk sebagai ketua atau koordinator dalam kegiatan usaha? Bagaimana cara penunjukan ketua atau koordinator tersebut?
  • Melalui  uji kompetensi untuk memnentukan koordinator setiap bagian yang ada di perisahaan ini.
    10. Pernahkah ada prestasi yang dicapai oleh usaha tersebut?
  • Thayeb mohammad gobel sendiri pernah mendapatkan satya lencana pembangunan karena jasanya dalam mengembangkan industrri elektronik di indonesia dan sudah banyak juga penghargaan yang di terima oleh PT Panasonic Gobel indonesia.
    11. Apakah sistem manajemen yang dituju sampai sekarang?
  • PT transitor Mgf .CO melakukan jenis usaha penjualan dan purna jual kepada para konsumen di indonesia, hingga saat ini sistem tersebut tidak berubah hanya namanya saja yang berganti menjadi PT Panasonic Gobel Indonesia setelah join dengan PT Matsushita.
    12. Menurut anda, apakah tersebut sukses? Gunakan 7 aspek kelayakan usaha!
  • Ya PT Panasonic Gobel Indonesia sudah menjadi usaha yang sangat sukses ditinjau dari 7 aspek kelayakan usaha, yaitu aspek hukum, aspek pasar dan pemasaran, aspek keuangan, aspek teknis atau operasi, aspek manejemen atau organisasi, aspek ekonomi sosial, dan juga aspek dampak lingkungan
    13. Apakah menurut anda, akan bertahan lama dan berkembang? Jelaskan alasannya!
  • Ya, karena produk jasa yang ditawarkan merupakan produk yang sudah menjadi kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Dan ditinjau dari perkembangan usahanya yang saat ini sudah mengekspor produknya ke beberapa negara. Dan kemungkinana bagi usaha ini untuk berkembang masih terb uka lebar karena produk produk yang di sajikan juga semakin berkembang dan  mengikuti zaman dan kebutuhan masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar