Selasa, 02 Juli 2013

makalah analisis kerja wirausaha





http://dhiasitsme.files.wordpress.com/2010/10/logo_gunadarma.jpg


Nama : Yuni Triswela
NPM : 17611671
Kelas : 2SA03








Saya akan menganalisis kinerja seorang wirausahawan yang terbilang sukses di lingkungan saya. Yang bergerak dibidang usaha peternakan (ayam, sapi, kambing, ikan).
Yaitu Bapak H.Ade Mahmud. yang telah memulai usahanya dari nol sejak tahun 1990. Diawali dengan membuka sebuah kios di pasar, bapak H. Ade Mahmud mengembangkan usahanya hingga terbilang besar saat ini  dengan omset bersih mencapai 1 milyar perbulan.



9 Aspek Kewirausahaan

1.      Peluang Usaha Baru

Pengertan: peluang usaha baru adalah peluang usaha yang baru diciptakan baik itu baru dalam bidang usahanya tapi pelaku atau orangnya lama atau baru dilakukan oleh pelaku bisnis atau perorangannya tetapi jenis usahanya lama atau bisa juga keduanya.

Dalam kegiatan usahanya, bapak H. Ade Mahmud menyatakan kemungkinan untuk memulai usaha baru cukup besar, di karenakan dalam beberapa tahun terakhir ini bapak H. Ade Mahmud sedang gencar gencarnya untuk memulai usaha lain yaitu rumah pemotongan hewan, dan pengembangan usaha perteranakan terdahulunya. Usaha tersebut sudah mulai terlihat dari makin banyaknya kolam ikan yang dimiliki dan juga kandang kandang ayam yang semakin bertambah. Dan pada beberapa bulan yang lalu beliau tertarik untuk mencoba merintis pengolahan dan peternakan ayam organik yaitu ayam yang dibiakan dan di pelihara tanpa suntikan hormon dan lain lain sehingga menjadi ayam yang sehat dan lebih aman untuk dikonsumsi yang diushakan oleh anak sulungnya.

2.      Pembiayaan
Pengertian: pembiayaan adalah menyediakan sumber daya yang diperlukan. Dimana dalam membuka sebuah usaha dibutuhkan pembiayaan. Dalam pembiayaan terdapat 2 aspek yang diperlukan pemilik usaha yaitu :
           
1)      Pembiayaan dalam bentuk materiil
Pembiayaan dalam bentuk materil yang di keluarkan oleh beliau terbilang cukup kecil yaitu Rp. 500.000,- sebagai modal awal, untuk membeli beberapa ekor ayam potong yang siap dijual di pasar. 2 tahun kemudian dimulailah usaha peternakan ayam dengan modal usaha awal Rp. 5.000.000,-




2)      Pembiayaan dalam bentuk non materiil
Dalam memulai usahanya bapak H. Ade Mahmud juga menggunakan sumberdaya non materil. Yaitu sebuah kios yang dimiliki oleh orang tua dari istrinya dan sebuah motor sebagai alat angkut dan transportasi untuk menjalankan usahanya.

3.      Pemasaran
Pengertian: Pemasaran adalah salah satu kegiatan pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. Hal tersebut disebabkan karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana secara langsung berhubungan dengan konsumen.

Dalam kegiatan usahanya pada awalnya beliau memasarkan produknya langsung kepada konsumen yang dilakukan bersama dengan istrinya di kios sebuah pasar.Namun saat ini beliau tidak lagi memasarkan produknya di pasar, melainkan konsumen yang datang langsung ke peternakannya untuk memesan ayam/sapi/kambing, yang biasanya dilakukan oleh para tengkulak untuk dijual lagi.Biasanya pesanannya dalam keadaan hidup dan dalam skala besar.Tapi beliau juga melayani pembelian skala kecil yang biasanya dilakukan oleh warga sekitar peternakan ayam yang biasanya para pembeli meminta langsung di potong dan dibersihkan saat itu juga.

4.      Kepemilikan
Pengertian: Yang dimaksud dengan kepemilikan adalah hak pelaku usaha untuk memanfaatkan sumber daya. Dalam kepemilikan terdapat 3 jenis , diantaranya adalah:

                                I.            Bentuk usaha perorangan
Yaitu bentuk usaha yang sepenuhnya dikuasai oleh satu orang dan segala konsekuensinya di tanggung pul;a oleh 1 orang baik itu untung maupun ruginya

                              II.            Bentuk usaha persekutuan
Yaitu bentuk usaha yang di pegang oleh 2 orang atau lebih yang bekerja sama dalam suatu bentuk usaha. Dan segala konsekuensinya baik untung maupun rugi ditanggung bersama

                            III.            Bentuk usaha perseroan
Yaitu bentuk usaha yang hak kepemilikannya di pegang oleh beberapa orang dalam bentuk saham tapi hanya 1 orang yang aktif dalam menjalankan usaha tersebut dan sisanya hanya mendapatkan laporan cash flow tetapi jika usaha tersebut mengalami kerugian, kerugian tersebut di tanggung bersama semua pihak yang aktif maupun tidak.
Dalam kegiatan usahanya bapak H. Ade Mahmud pada awalnya menjalani bentuk usaha perorangan dengan segala untung rugi yang di tanggung seorang diri, tapi setelah anak anaknya cukup dewasa di mulai di tahun 2006, bapak H ade Mahmud memulai usaha persekutuan yang di lakukan dengan anaknya bersamaan juga dengan di bukanya usaha baru yaitu peternakan sapi dan kambing juga ikan yang kepemilikannya di atas namakan dan di jalankan oleh anak pertama dan keduanya. Tetapi dalam pelaksanaan kegiatan usaha tersebut kedua anaknya masih tetap melaporkan cash flow kepada beliau, dan sesekali beliau terjun langsung untuk melihan kondisi yang ada.



5.      Sumber Daya Manusia
Pengertian: suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Tenaga kerja atau sumber daya manusia yang di cari dan dibutuhkan oleh sebuah usaha haruslah memiliki sikap, kualitas dan pelayanan yang baik.

Dalam kegiatan usaha yang di miliki oleh Bapak H. Ade Mahmud beliau memiliki 100 orang pegawai yang membantunya mengurus semua pertenakan dan rumah potong yang dimiliki. Tetapi beliau tidak menganggap orang orang tersebuat adalah pegawai, beliau mengganggap semua orang yang bekerja padanya adalah keluarga, karena beliau beranggapan jika beliau baik dan loyal terhadap para pegawainya, hal tersebut juga akan beliau dapatkan dari pegawainya. Bukan hanya itu saja beliau bahkan menyediakan mess dalam bentuk rumah petak bagi para pegawainya yang telah memiliki keluarga. Selain itu beliau juga mendidik semua karyamannya untuk bersikap disiplin dan teliti selain itu semua karyawannya juga di beri pelatihan dalam mengurus dan menyembelih hewan secara syar i. kinerja para pekerja juga terbilang bagus dan disiplin serta terorganisir.Karena dalam kegiatannya para karyawan di awasi oleh seorang supervisor dan terkadang beliau langsung yang dating untuk mengawasi. Sistem kerja yang diterapkan dalam usaha ini juga sangat tertata rapi contohnya para pemotong hewan mulai bekerja pada pukul 00.00 dini hari dan selesai pukul 06 00 pagi dan di beri kesempatan istirahat dan mulai untuk membantu penyortiran pukul 3 sore nanti.


6.      Organisasi
Pengertian: organisasi merupakan sekumpulan orang-orang yang disusun dalam kelompok-kelompok, yang bekerjasama untuk mencapai tujuan bersama, Organisasi adalah system kerjasama antara dua orang atau lebih, atau organisasi adalah setiap bentuk kerjasama untuk pencapaian tujuan bersama, organisasi adalah struktur pembagian kerja dan struktur tata hubungan kerja antara sekelompok orang pemegang posisi yang bekerjasama secara tertentu untuk bersama-sama mencapai tujuan tertentu.

Dalam kegiatannya wirausahawan ba[pak H. ade mamud tidak memiliki organisai. Karena dalam pelaksanaan usahanya bapak H ade Mahmud bekerja sama dengan keluarganya sendiri yang di bantu oleh para karyawannya.

7.      Kepemimpinan.
Pengertian: kepemimpinan adalah kemampuan seseorang dalam mengkoordinasikan dan menjalin hubungan antara sesama manusia sehingga mendorong orang lain untuk melaksanakan tugas-tugasnya dengan hasil yang maksimal.Dalam sebuah kegiatan usaha kepemimpinan sangatlah penting karena dalam sebuah usaha haruslah ada sebuah leader yang mendirect para karyawannya agar tujuan dari kegiatan usaha tersebut tidaklah berubah.

Dalam kegiatan usaha yang di lakukan oleh Bapak H. Ade Mahmud kepemimpinan utama tetaplah berada di tangan beliau tetapi anak anak beliau juga berhar untuk mengambil sebuah keputusan dalam usaha tersebut dengan mendiskusikannya terlebih dahulu kepada beliau. Selain itu dalam wawancara saya beliau juga berkata bahwa suatu saat nanti usaha ini akan diwariskan kepada anak anaknya jadi, beliau saat ini sedang dalam proses mendidik anak anaknya untuk menjadi pemimpin dalam usaha ini agar usaha ini bias tetapb berlangsung bahkan berkembang kelak saat beliau sudah tidak bias memimpin lagi.

8.      Evaluasi usaha
Pengertian: evaluasi usaha adalah suatu aktifitas untuk melakukan analisis kinerja suatu usaha. Evaluasi usaha memiliki prinsip dasar utama yaitu dengan membandingkan rencana usaha yang telah dibuat sebelum kegiatan dimulai dengan apa yang telah dicapai pada akhir masa produksi. Dalam evaluasi usaha yang dimilikinya, analisis social yang dim
·         Evaluasi lingkungan
Evaluasi lingkungan yang dilakukan adalah biaya dan manfaat social.Jika keuntungan dia cukup besar.Dia dapat membantu masyarakat sekitar.Karena hal tersebut adalah perbuatan yang mulia dan berbagi rezeki adalah tabungan untuk akhirat hingga sebisa mungkin setiap bulannya bapak H. Ade Mahmud menyisihkan uangnya untuk membantu masyarakat sekitar. Dan menurut pengetahuan saya bapak H ade Mahmud memiliki beberapa anak yatim yang diangkat sebagai anak asuh untuk dibiayai dari segi pendidikannya. Dan juga beliau adalah salah satu penyokong dan untuk sebuah pesantren bagi anak anak yantim yang ada dilingkungan rumah saya

·         Etika sikap dan etika bisnis
Etika sikap dan etika bisnis yang dimiliki oleh beliau terbilang sangat bagus.Beliau terbilang sangat ramah dan rendah hati kepada para warga sekitar.Selain itu beliau juga tidak pelit ilmu kepada orang orang yang ingin mengetahui hal yang menyangkut tentang usaha perternakan.Selain itu dalam bisnisnya beliau juga menerapkan system kredit bagi perorangan yang diketahui tidak memiliki cukup produk tapi ingin membuka usaha. Beliau memberikan bahan baku dengan system pembayaran di akhir atau saat bahan baku tersebut sudah terjual

Dalam kegiatan usaha yang dimiliki bapak H. Ade terbilang sudah sangat maju dibandingkan awalnya yang hanya kios biasa di pasar.Karena tindakan dan perilaku yang dimiliki oleh para karyawannya sangat baik, usaha yang dimiliki juga terbilang maju dengan pesat.

9.      Pengembangan usaha
Pengertian: yang dimaksud dengan pengembangan usaha adalah proses persiapan analitis tentang peluang pertumbuhan potensial, dukungan dan pemantauan pelaksanaan peluang pertumbuhan usaha, tetapi tidak termasuk keputusan tentang strategi. Dan implementasi dari peluang pertumbuhan usaha.

Peluang pertumbuhan usaha yang dimiliki bapak H ade saat ini masih berjalan baik dengan omset yang masih bertambah. Selain itu banyak pula peluang peluang usaha baru yang ingin beliau coba.Contohnya ayam organic tersebut. Beliau beranggapan bahwa saat ini masyarakat sudah semakin pintar dan sadar akan kesehatan sehingga peluang usaha ayam sehat tanpa bahan kimia ini seharusnya sangat menjanjikan, dan saat ini potensi untuk usaha baru tersebut masih terus meningkat karena bias dibilang usaha ayam organic ini belumlah lazim di tekuni oler orang orang jadi, usaha ini belum memiliki banyak saingansehingga masih akan terus berkembang.

Penjelasan dari Kesuksesan usaha
a.      Kebutuhan pokok bapak H. Ade Mahmud
Terdapat 5 kebutuhan pokok yang harus dipenuhi oleh bapak H ade Mahmud terhadap keluarganya.

1.      Kebutuhan papan
Saat ini kebutuhan papan untuk bapak h ade Mahmud sudah sangat terpenuhi, beliau dan anak anaknya saat ini menempati sebuah rumah yang terbilang mewah dan besar.  Selain rumah ini di ketahui bahwa beliau juga memiliki beberapa rumah lain sebagai investasi.

2.      Kebutuhan Sandang
Kebutuhan sandang yang dikenakan oleh beliau dan keluarga juga sangat terpenuhi, dalam kesehariannya beliau dan keluarganya terbilang sederhana dalam berpakaian dan tidak menonjolkan kekayaan yang dimiliki.

3.      Kebutuhan pangan
Kebutuhan oangan bagi bapak H ade dan keluarganya juga terbilang terpenuhi, karena selain menyediakan pangan untuk keluarganya bapak h ade juga menyediakan pangan bagi karyawannya. Selain itu bapak h ade juga menanggung kebutuhan pangan bagi para lansia yang hidup sendiri dilingkungan sekitar.

4.      Kesehatan
dari segi kesehatan bapak H ade juga terbilang sangat menanggulanginya, beliau mengikutsertakan diri dan keluarganya ke asuransi, sehingga bila sewaktu waktu beliau atau kelaurganya sakit, sudah terjamin pengobatanyya.

5.      Pendidikan
dari segi pendidikan bapak h ade hanya menamatkan sekolah hingga sma. Tapi saat inibeliau bias menyekolahkan anaknya hingga tingkat pergutruan tinggi anaknya yang pertama sebentar lagi akan diwisuda untuk s2 dan yang ke tiga juga sebentar lagi akan menamatkan kuliah kedokterannya di universitas Indonesia. Dan anak yang ke dua sedang mengambil studi untuk gelar s2nya dan anak bungsunya masih kuliah di universitas pancasila juusan farmasi.

b.      Masalah hutang
Untuk masalah hutang beliau berkata bahwa dalam menjalani bisnisnya beliau tidak memiliki hutang piutang karna segala transaksi bisnis yang dilakukan secara cash atau transfer.Tetapi beliau dan keluarganya memiliki kartu kredit untuk kebutuhan pribadi dan tidak digunakan untuk bisnis, selain itu dalam pembayarannya beliau berkata bahwa Alhamdulillah sampai saat ini beliau belum pernah nunggak ke bank.

c.       Banyaknya karyawan yang bekerja
Dalam kegiatanusahanya beliau memiliki kurang lebih 100 orang karyawan.Setiap karyawan memiliki gaji yang berbeda tergantung dengan berapa jam mereka bekerja adan apa yang mereka kerjakan. Beliau menerapkan system absen jadi saat karyawan mulai bekerja karyawan tersebut menandatangani sebuah absen dan mengisi apa yang akan dikerjakannya setelah selesai setiapkaryawan juga menandatangani absen. Berbeda dengan pemotongan ayam setiap karyawan menandatangani absen saat mulai berkerja dan saat mereka selesai mereka menandatangani absen lagi dan mengisi berapa jumlah ayam yang dipotong atau di bersihkan.

d.      Gaya hidup
Dari pengamatan saya gaya hidup bapak h ade Mahmud terbilang sederhana untuk kesehariannya ia hanya memakai kaos dan sarung dan mengendarai sepeda motor mio untuk dating dari 1 peternakan ke peternakan lainya. Istrinya juga dalam kesehariannya hanya memakai daster dan beberapa perhiasan yang tidak terlalu mencolok. Selain itu yang mengesankan adalah dengan penghasilan yang sebesar itu beliau tidak memanjakan anak anaknya dengan fasilitas yang berlebih anak ketiga dan keempat yang masih kuliah dan masih sepenuhnya menjadi tanggungan bpk H ade hanya di fasilitasi sebuah motor untuk transportasi kuliah, sedangkan anak pertama dan kedua bukan lagi menjadi tanggungan bpk h ade karena mereka masing masing sudah berkeluarga.

Bapak H Ade Mahmud berkata kepada saya bahwa, dia akan mendidik anak anaknya dengan cara sederhana, karna beliau memiliki prinsip bahwa semua harta yang beliau miliki adalah pinjaman yang dikaruniakan tuhan sehingga bisa kapan saja diambil. Oleh karena itu beliau membiasakan anaknya untuk berlaku sederhana dan tidak boleh sombong karna kita sebagai manusia adalah sama. Dan beliau berpendapat bahwa harta yang beliau miliki adalah titipan dan tidak sepenuhnya dimiliki oleh beliau, beliau selalu berpegang teguh pada prinsip titipan harta ini adalah sebagian milik orang yang tidak mampu dan beliau selaku orang yang dititipi harus menyalurkannya kepada orang orang tersebut dengan cara membantunya, atau memberi pekerjaan kepadanya.

Beliau juga berkata bahwa yang terpenting dalam mendidik anak anaknya menurut beliau adalah menanamkan mainset yang baik yaitu sederhana dan rendah hati Karena semua yang dimiliki adalah titipan. Karena beliau juga beranggapan bahwa prilaku anak adalah bagaimana prilaku orangtua mereka, jadi bila mainset nya bagus pasti kedepannya si anak akan berprilaku seperti itu karena itulah poila mereka berpikir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar