Kamis, 07 November 2013

istilah kepariwisataan

istilah kepariwisataan


  1. 1.      Cancellation Fee : Biaya atas pembatalan penggunaan jasa yang telah dipesan sebelumnya seperti, pembatalan pemesanan hotel, tiket pesawat, paket tour dan lain-lainnya.
    2.      Confidential tariff : Harga yang berlaku antara pihak-pihak tertentu sesuai dengan harga yang telah disepakati dalam perjanjian yang telah dibuat sebelumnya.
    3.      Conveyor belt : Ban berjalan di bandara tempat kita mengambil barang/bagasi yang ingin kita bawa saat berwisata.
    4.      Extra bed : tempat tidur tambahan yang diganakan jika masih ada beberapa yang kekurangan pada fasilitas untuk istirahat.
    5.      Panorama/Panorama: adalah pemandangan alam yang luas dan bebas yang biasanya dinikmati oleh wisatawan atau pelancong.
    6.      Pariwisata Bahari/marine tourism : perjalanan pariwisata yang berhubungan pada rekreasi atau melancong, yang objeknya adalah laut dan isinya    (berselancar, menyelam, berperahu ).
    7.      Bagasi/Baggage : suatu tempat untuk meletakkan barang bawaan sebelum berwisata.
    8.      Kamera/Camera : suatu alat untuk memotret gambar yang biasanya tujuannya untuk kenang-kenangan saat berwisata di salah satu tempat.
    9.      Cinderamata/Merchandise : sebuah jenis oleh-oleh yang khas dari suatu tempat wisata yang biasanya untuk kerabat yang tidak ikut serta berwisata.
    10.  Pakansi/ Vacation : sejenis liburan akhir pekan yang digunakan untuk menghabiskan waktu seperti liburan.
    11.  Berkemah/ Camping : salah satu jenis wisata yang identik dengan membangun tenda, yang lokasinya biasanya di alam liar ataupun lapangan.
    12.  Travel/ Travel : sebuah biro perjalanan yang mengatur tentang semua perjalanan wisata kita.
    13.  Pantai/ Beach : sebuah objek wisata yang berada di sekitar laut.
    14.  Teater/ Theater : sebuah seni pariwisata yang tujuannya menunjukkan tontonan yang menarik untuk kalangan yang sedang berwisata.
    15.  Gunung / Mountain: sebuah objek wisata yang banyak diminati seperti pecinta alam, karena keindahan atasnya dan serunya medan yang harus dilalui untuk sampai puncaknya.
    16.  Tari /Dance : salah satu seni wisata yang menunjukkan jenis tari-tarian masing-masing daerah yang sedang dikunjungi para wisatawan, untuk lebih mengenal akan sebuah budaya.
    17.  Koper/ Suitcase : salah satu alat untuk berwisata yang digunakan untuk meletakkan barang bawaan saat berwisata.
    18.  Pesawat/Airplane: sebuah alat transporatsi udara yang biasanya digunakan untuk berwisata dari satu daerah ke daerah lain yang sangat jauh tempatnya.
    19.  Bus/Bus : alat berkendara yang biasanya digunakan saat berwisata untuk sekedar melihat lihat alam sekitar di satu tempat wisata, karena jika jalan kaki para wisatawan akan mudah lelah. Maka, bus lah yang menjadi kendaraannya.


    21  Dormitory : tipe kamar yang ada dan disediakan di hostel. Biasanya penghuni dormotory diisi beberapa orang yang belum kenal. Dormitory diisi 4 sampai 10 orang dalam ruangan yang sama. Dormitory harus menaati peraturan yang sangat tinggi, seperti tidak merokok atau membuat kegaduhan. Dormitory sangat diminati juga
    21.  populer dikalangan backpaker karena harganya yang lebih murah.
    22.  Hostel : hostel adalah sejenis tempat menginap akan tetapi perbedaannya adalah fasilitas didalamnya digunakan secara bersama-sama oleh penggunanya, seperti kamar mandi, dapur dan ruang tamu. Kelebihannya diantaranya adalah penghuni hostel punya kesempatan untuk lebih bersosialisasi dengan tamu lain. Bukan hanya dormitory saja yang menyediakan kamar privat layaknya hotel.
    23.  Sego ( jawa ) : nasi
    24.  Amben ( jawa ) : tempat tidur
    25.  Diving : kegiatan menyelam didalam laut biasanya bertujuan untuk melihat dan menikmati keindaha bawah laut.
    26.  Mlaku – Mlaku ( jawa ) : dalam bahasa jawa artinya adalah jalan – jalan, meskipun bukan berarti jalan jauh untuk berwisata terkadang hanya jalan yang rutenya tidak jauh.
    27.  Darmawisata : perjalanan atau kunjungan singkat dng tujuan bersenang-senang, perjalanan yg dilakukan untuk tujuan rekreasi sambil mengenal baik objek wisata dan lingkungannya.
    28.  Melancong : suatu perjalanan wisata yang biasanya menelusuri daerah yang agak jauh dan bisa sampai berminggu minggu dalam berwisatanya.
    29.  Andong : sebuah alat transportasi desa yang sejak dulu merupakan budaya masyarakat jawa sampai saat ini, digunakan untuk transportasi melihat lihat sekitar dengan pelan saat berwisata, biasanya para turis asing.
    30.  Gondola : sebuah wahana bermain saat berwisata, atau dengan kata lain kereta gantung, yang saat diatas kita bisa melihat segalanya dari atas.
    31.  Mancing : kegiatan menangkap ikan seperti memancing dilaut . biasanya para lelaki yang banyak menyukai wisata air seperti ini.
    32.    Kawah : sebuah objek wisata yang indonesia juga miliki, banyak digunakan sebagai tujuan wisata karena keindahannya. Kawah adalah bagian puncak gunung berapi yg dilewati bahan letusan berbentuk lekukan besar.
    33.  Binoculars : sebuah alat yang digunakan untuk melihat suatu objek atau benda yang jaraknya agak jauh agar terlihat lebih dekat.
    34.  agritourism adalah sebuah alternatif untuk meningkatkan pendapatan dan kelangsungan hidup, menggali potensi ekonomi petani kecil dan masyarakat pedesaan.
    35.  Ekowisata yang dimaksud dalam kriteria ini adalah ecological tourism, yaitu suatu model pengembangan pariwisata yang bertanggung jawab di daerah yang masih alami atau daerah-daerah yang dikelola secara kaidah alam untuk menikmati dan menghargai alam.
    36.  wisata alam adalah perwujudan ciptaan manusia, tata hidup seni-budaya serta sejarah bangsa dan tempat atau keadaan alam yang mempunyai daya tarik untuk dikunjungi
    37.  konservasi lingkungan adalah perlindungan lilngkungan hidup agar terhindar dari kerusakan akibat pemanfaatan yang tidak sesuai dengan kemampuan lingkungan itu sendiri.
    38.  Juggling adalah keterampilan melibatkan benda bergerak untuk hiburan dan olahraga.
    39.  Grebeg gunungan, mempunyai daya tarik wisata yang kuat. Grebeg gunungan boleh dibilang semacam ritual dalam pola interaksi antar Keraton Kasunan Surakarta Hadiningrat dengan masyarakat atau warganya.
    40.  Domestic adalah wisata dalam negeri.
    41.  Guide adalah seoarang pemandu dalam perjalanan wisat
    42.  Dokar adalah kereta beroda dua yang ditarik oleh kuda.
    43.  Wayangan adalah pertunjukan kesenian wayang yang biasanya ditonton oleh para wisatawan.
    44.  Industri pariwisata adalah kumpulan dari macam-macam perusahaan yang menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa (goods and service) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya
    45.   Hospitaliti adalah hubungan antara tamu dan tuan rumah, atau tindakan atau praktek yang ramah. Secara khusus, ini termasuk penerimaan dan hiburan para tamu, pengunjung, atau orang asing, resort, klub keanggotaan, konvensi, atraksi, acara khusus, dan layanan lainnya untuk wisatawan dan turis.

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar